Rabu, 01 Juli 2015

Dampak Pengamen Terhadap Keselamatan di Ruang Lalu lintas

 Assalamualaikum..  Wr... Wb..
Wah sudah lama nie ane kagak posting lagi..
       Hmm kali ini ane mau bahas soal “PENGAMEN” atau bisa dikatakan sebagai artis jalanan ya karena mereka setiap hari manggung di jalanan. Meski kalian pada bingung. Apa hubungannya keselamatan transportasi dengan adanya pengamen. Nah biar lebih jelas mari kita bahas bersama.

       Pengamen dapat kita temui di hampir di seluruh jalan indonesia, umumnya mereka lebih memilih bekerja sebagai pengamen karena harga kebutuhan hidup yang sangat sulit mereka penuhi sedangkan lapangan pekerjaan tidak dapat menampung mereka. Selain tidak adanya lapangan pekerjaan ada beberapa faktor pendukung yang membuat masyarakat bekerja sebagai pengamen. Pertama bekerja sebagai pengamen tidak mengenal batasan umur, semua orang dapat melakukannya  mulai dari anak kecil hingga nenek-nenek atau kakek-kakek sekalipun. Kedua sifat pemalas yang mendukung untuk menjadi pengamen, tanpa memerlukan usaha yang besar dengan menjadi pengamen masyarakat tidak perlu membutuhkan modal yang besar cukup dengan wadah untuk mengumpulkan uang, berpenampilan lusuh dan wajah yang memelas merek Mereka  bisa mendapatkan uang yang banyak. Ketiga hilangnya urat malu mereka, kalo ane berpendapat mereka sudah tidak memiliki urat malu lagi dalam meminta-minta padahal dari sekian banyak pengamen rata-rata mereka masih berpotensi bekerja dan berpenghasilan tanpa harus bekerja sebagai peminta-minta.
       Nah itu dari faktor pengamen. Sekarang mari kita bahas apa dampak dari pengamen utnuk keselamatan berlalu lintas. Dalam melakukan pekerjaannya sebagai pengamen, para pengamen ini seringkali harus menghampiri  pengemudi kendaraan bermotor di jalan. Secara tidak langsung para pengamen ini mengganggu akan kelancaran lalu lintas sehingga para pengemudi harus lebih fokus dalam mengemudikan kendaraannya agar tidak menabrak pengamen. Dalam menghindari kecelakaan dengan pengamen seringkali para pengemudi kendaraan tidak memperhatikan kendaraan lainnya sehingga pada saat dia bermanuver untuk menghindari kecelakaan dengan pengamen, maka pengemudi beresiko mengalami kecelakaan dengan kendaraan lainnya baik itu kendaraan dari arah yang berlawanan maupun kendaraan yang tepat di belakang pengemudi.  Selain akan menimbulkan resiko kecelakaan para pengamen ini seringkali juga melakukan tidakan pencurian, pencopetan dan sebagainya. Dari beberapa laporan  pengemudi kendaraan yang mengalami tindakan kejahatan dari para pengamen. Rata-rata kejadian yang terjadi adalah kaca spion mobil mereka di copot oleh pengamen dan juga terkadang para pengamen mengambil barang-barang yang ada di dalam mobil dengan cara memasukkan tangannya melewati jendela.

       Kesimpulannya kegiatan yang dilakukan para pengamen di badan jalan sangatlah mengganggu kelancaran, keamanan dan kenyamanan pengemudi kendaraan. Sebagai saran untuk mengatasi kasus tersebut pemerintah sebagai penguasa penih sebaiknya membantu para pengamen dengan memberikan lapangan pekerjaan kepada mereka dan diberikan pendidikan dan pelatihan yang menunjang pekerjaan mereka agar mereka tidak merasa kesulitan dalam bekerja.

Sekian dulu nie. Semoga dengan begini pemerintah dapat memperhatikan para pengamen sehingga permasalahan ini dapat diatasi dengan baik sehingga tidak ada lagi wajah-wajah memelas yang ada di badan jalan dengan begini tidak terganggu lagi kelancaran di ruang lalu lintas dan semoga tidak terjadi kesenjangan sosial yang sangat kelihatan perbedaannya.

1 komentar:

  1. owh,, gitu to bang
    terima kasih infonya
    jangan lupa main ke blogku juga
    fatahhmuttaqin.blogspot.com

    BalasHapus